✔ Rujukan Rpp K-13 Sd 1 Lembar Sesuai Kode Mendikbud
Download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar untuk SD sesuai Kurikulum 2013 ibarat isyarat Mendikbud. |
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyederhanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru. Kini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, acara pembelajaran, dan penilaian. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP merupakan berkas rencana acara pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi. Namun, selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru alasannya yaitu bisa hingga 20 halaman. Dari RPP itu, guru bisa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain sanggup memperbaiki kinerjanya di kemudian hari.
Penerapan Kurikulum 2013 menjadikan perubahan kompetensi dasar dan metode pembelajaran di jenjang SD (SD) yang memakai metode tematik integratif. Materi yang dipelajari kaitkan dengan sebuah tema, sistem mata pelajaran tidak begitu terlihat. Dalam Kurikulum 2013 setiap kelas disediakan beberapa tema yang mempunyai 3-4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Berikut tumpuan RPP 1 lembar untuk SD:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13
Satuan Pendidikan : SD/MI……………….. Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Pelajaran : B. indonesia (3.1, 4.1), Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)
Pelaksanaan : ……………………..
A. TUJUAN
1. Dengan diberikan teks dongeng wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dongeng tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikan teks percakapan wacana hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan
999 dengan benar.
4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
5. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
6. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
4. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi
Kegiatan Pendahuluan
Ayo Mengamati
Siswa menyimak teks dongeng pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi aksentuasi pada kalimat yang memakai ungkapan.
Contoh ungkapan pada teks tersebut yaitu oleh-oleh dan buah hati.
Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ayo Berlatih
Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat menurut teks dongeng yang sudah dibacanya.
(Creatiivity and Innovation)
Ayo Berlatih
Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, contohnya kancing baju atau stik es krim sanggup dipakai untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
Siswa mengerjakan soal wacana bilangan cacah dengan tiga angka. Guru sanggup menambahkan soal latihan.
Siswa membaca bilangan cacah hingga 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai
999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati yaitu teliti. Hasil pengamatan perilaku dituliskan di dalam jurnal.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang bau tanah guru memantau pembelajaran melalui Portal Rumah Belajar
. Orang bau tanah membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.
Kegiatan Penutup
1. Siswa bisa mengemukan hasil mencar ilmu hari ini
2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan
3. Menyanyikan salah satu lagu tempat untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
4. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan verbal wacana tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan
Download Contoh RPP K-13 SD 1 Lembar Untuk SD
Terkait penyederhanaan RPP, Mendikbud Nadiem akan memangkas beberapa komponen. Guru akan dibebaskan memilih, membuat, memakai dan berbagi format RPP. Penyusunan RPP secara efisien dan efektif dilakukan biar guru mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Contoh RPP satu lembar untuk SD sesuai dengan Kurikulum 2013 sanggup didownload melalui tautan berikut ini:
Kebijakan Pokok Mendikbud yang menyederhanakan RPP disambut baik oleh guru. Selama ini beban manajemen yang ditimbulkan dari penyusunan RPP kerap dikeluhkan para guru. Mendikbud Nadiem menegaskan, esensi dari RPP yaitu proses refleksi. Guru menulis RPP untuk melihat kembali apakah sasaran pembelajaran sudah tercapai atau belum. Dari situlah pembelajaran terjadi bukan dengan menulis puluhan halaman sekadar buat administrasi.
Belum ada Komentar untuk "✔ Rujukan Rpp K-13 Sd 1 Lembar Sesuai Kode Mendikbud"
Posting Komentar