✔ Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick
Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok dengan anggota yang heterogen. Kelompok dibuat dengan mempertimbangkan keakraban, persahabatan atau minat. Setiap kelompok selanjutnya berdiskusi dan mempelajari bahan pelajaran.
Model pembelajaran Talking Stick yaitu suatu model pembelajaran kelompok sama menyerupai Snowball Throwing. Tetapi dalam penerapan model pembelajaran ini, dengan memanfaatkan tongkat oleh alasannya yaitu itulah disebut Talking Stick (tongkat berbicara). Pada model pembelajaran Snowball Throwing setiap siswa menciptakan pertanyaan yang dibuat menyerupai bola kemudian dilempar ke siswa lain.
Bagi kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru. Sebelumnya siswa sudah mempelajari bahan pokoknya. Kegiatan tersebut diulang terus-menerus hingga semua kelompok menerima giliran untuk menjawab pertanyaan dari guru.
Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick
Kelebihan penerapan model pembelajaran Talking Stick yaitu menguji kesiapan siswa dan melatih membaca dan memahami dengan cepat serta lebih ulet dalam belajar. Model pembelajaran ini menciptakan anak didik ceria, senang, dan melatih mental anak didik untuk siap pada kondisi dan siatuasi apapun.
Model pembelajaran Talking Stick yaitu suatu model pembelajaran kelompok sama menyerupai Snowball Throwing. Tetapi dalam penerapan model pembelajaran ini, dengan memanfaatkan tongkat oleh alasannya yaitu itulah disebut Talking Stick (tongkat berbicara). Pada model pembelajaran Snowball Throwing setiap siswa menciptakan pertanyaan yang dibuat menyerupai bola kemudian dilempar ke siswa lain.
Bagi kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru. Sebelumnya siswa sudah mempelajari bahan pokoknya. Kegiatan tersebut diulang terus-menerus hingga semua kelompok menerima giliran untuk menjawab pertanyaan dari guru.
Baca Juga
Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick
- Guru menyiapkan sebuah tongkat yang kira-kira panjangnya 20 cm.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4-6 siswa
- Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari
- Guru menunjukkan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari bahan pelajaran.
- Siswa berdiskusi membahas dilema yang terdapat di dalam wacana.
- Setelah siswa final membaca bahan pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan siswa untuk menutup isi bacaan.
- Guru mengambil tongkat dan menunjukkan kepada salah satu siswa, sesudah itu guru menunjukkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian hingga sebagian besar siswa menerima bab untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
- Guru bersama siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari.
- Guru menunjukkan evaluasi/penilaian.
- Guru menutup pembelajaran.
Kelebihan penerapan model pembelajaran Talking Stick yaitu menguji kesiapan siswa dan melatih membaca dan memahami dengan cepat serta lebih ulet dalam belajar. Model pembelajaran ini menciptakan anak didik ceria, senang, dan melatih mental anak didik untuk siap pada kondisi dan siatuasi apapun.
Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick"
Posting Komentar