✔ Tongkat Penggalan Sebagai Alat Peraga Matematika Kelas 4 Sd
Penerapan peraga Tongkat Pecahan sebagai alat peraga Matematika Kelas 4 SD menawarkan keaktifan siswa dalam belajar. |
Baca juga: Mengasah Kreativitas Guru dengan Lesson Study
Proses mencar ilmu mengajar merupakan interaksi dimana guru ditemukan dalam melaksanakan aktivitas mencar ilmu mengajar mengabaikan penggunaan alat peraga untuk memperjelas bahan pelajaran Teori taksonomi mencar ilmu menyampaikan bahwa ada dua faktor utama yang mayoritas terhadap hasil mencar ilmu yaitu karakteristik siswa yang mencakup (kemampuan, minat, hasil mencar ilmu sebelumnya, motivasi) dan huruf pengajaran yang mencakup (guru dan kemudahan belajar). Oleh lantaran itu guru harus memeberikan peluang serta bimbingan yang komprehensip.
Baca Juga
Ada beberapa penyebab mengapa guru mengabaikan penggunaan alat peraga. Hal ini dikarenakan;
1) guru kurang memahami bagaimana memakai alat peraga,
2) kesulitan menentukan alat peraga yang cocok untuk dipakai dalam pembelajaran, walaupun sangat sederhana.
3) kalau disekolah tidak menyediakan alat peraga yang dimaksud, guru mengalami kesulitan dalam membuat alat peraga.
Indikator
A. Kognitif
o Mengenal arti pecahan
o Merancang pecahan sebagai operasi pembagian memakai pipa paralon/pelepah pisang
o Memilih paralon pecahan yang sesuai dengan pembagiannya
o Membandingkan dan mengurutkan pecahan
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mendengarkan klarifikasi dan melihat demontrasi yang ditunjukkan oleh guru, maka siswa sanggup :
a. Melakukan percobaan membagi-bagi paralon/pelepah pisang menjadi beberapa bagian.
b. Menyebutkan bagian-bagian dengan bilangan pecahan ½, ¼, dst.
c. Menentukan pecahn sederhana
d. Memilih nilai pecahan dari paralon pecahan
e. Mengurutkan pecahn dari yang terkecil atau terbesar
Materi :
Arti Pecahan dan Urutannya
Arti Pecahan
Pecahan sebagai operasi pembagi
Pendekatan : Kontekstual
Model pembelajaran : kooperatif
Metode : demontrasi, diskusi, dan penugasan.
Langkah- langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal :
- Guru memeberikan tes awal berupa pertanyaan-pertanyaan ihwal pecahan
b. Kegiatan Inti :
1) Dengan tanya jawab guru menjelaskan ihwal arti bilangan pecahan
2). Guru menjelaskan pecahan melalui peragaan membagi - bagi paralon satu per dua, satu pertiga,satu perempat dan seterusnya .
3). Guru membagi siswa dalam lima kelompok kecil, untuk membagi-bagi perlatan yang dibawa yaitu pelepah pisang.
4). Guru menawarkan kiprah kepada siswa untuk mengelompokkan hasil pembagian yang telah dikerjakannya.
5). Siswa mendemontrasikan hasil kerjanya secara berkelompok.
6). Siswa menyebutkan beberapa pecahan potongan dengan sebutan pecahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan motivasi dan prestasi mencar ilmu siswa dengan melalui alat peraga Tongkat Pecahan sebagai alat peraga Matematika Kelas 4 SDN 05 Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Selain itu, penelitian juga bertujuan khusus untuk mendeskripsikan aktifitas dan hasil mencar ilmu siswa selama pembelajaran berlangsung, motivasi, prestasi mencar ilmu berlangsung dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mencar ilmu siswa. Penelitian dilakukan di kelas 4 yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan observasi. Dari analisis diperoleh bahwa penerapan peraga Tongkat Pecahan sebagai alat peraga Matematika Kelas 4 SD menawarkan keaktifan siswa dalam belajar.
*) Ditulis oleh Pujiono, Guru SDN 05 Karang Tinggi Bengkulu Tengah
Belum ada Komentar untuk "✔ Tongkat Penggalan Sebagai Alat Peraga Matematika Kelas 4 Sd"
Posting Komentar