✔ Guru Harus Beri Kesempatan Siswa Jadi Dilema Solver
![]() |
Anak harus berperan aktif dalam berguru di kelas. |
“Discovery Learning can be defined as the learning that takes place when the student is not presented with subject matter in the final form, but rather is required to organize it him self” (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103).
Lingkungan ini dinamakan Discovery Learning Environment, yaitu lingkungan dimana siswa sanggup melaksanakan eksplorasi, penemuan-penemuan gres yang belum dikenal atau pengertian yang menyerupai dengan yang sudah diketahui. Lingkungan menyerupai ini bertujuan supaya siswa dalam proses berguru sanggup berjalan dengan baik dan lebih kreatif.
Baca Juga
Guru harus memperlihatkan kesempatan muridnya untuk menjadi seorang problem solver atau seorang scientis. Bahan latih tidak disajikan dalam bentuk akhir, namun siswa dituntut untuk melaksanakan banyak sekali acara menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan materi serta menciptakan kesimpulan-kesimpulan.
Dalam mengaplikasikan metode Discovery Learning, guru berperan sebagai pembimbing dengan memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk berguru secara aktif, sebagaimana pendapat guru harus sanggup membimbing dan mengarahkan acara berguru siswa sesuai dengan tujuan. Kondisi menyerupai ini ingin merubah acara berguru mengajar yang teacher oriented menjadi student oriented.
Contoh Penerapan Model Discovery Learning
Guru melaksanakan penyampaian materi singkat wacana berdiri ruang sekitar kita, serta bagaimana cara menciptakan jaring-jaring berdiri ruang. Siswa dituntut untuk melaksanakan uji coba menciptakan gambar jaring-jaring berdiri ruang. Dan guru meminta siswa untuk membawa perlengkapan untuk menggambar jaring-jaring tersebut, menyerupai kertas gambar, penggaris, dan alat tulis.
Kemudian guru melaksanakan pengumpulan data dengan cara mengamati pribadi dikala siswa mencoba menciptakan jaring-jaring berdiri ruang dan sesudah siswa memahaminya, dilakukan post test berupa kuis yang sebelumnya telah disiapkan oleh guru wacana jaring-jaring berdiri ruang.
Belum ada Komentar untuk "✔ Guru Harus Beri Kesempatan Siswa Jadi Dilema Solver"
Posting Komentar